Cara Membuat Rumah Yang Sehat Dan Nyaman Ditempati

Rumah adalah tempat tinggal bagi kita. Oleh karenanya kita sebagai pemilik harus memastikan bahwa kondisi rumah senantiasa bersih dan sehat. Dengan begitu penghuni akan merasa nyaman dan terbebas dari penyakit.

Hanya saja dalam beberapa kasus kita kesulitan untuk menciptakan rumah yang sehat. Bisa jadi karena tidak tahu bagaimana cara menangani sampah atau bagaimana cara membersihkan ruangan yang baik dan benar.

Tidak perlu khawatir, kami punya beberapa tips agar rumah menjadi lebih sehat bagi penghuni. Anda bisa memulainya dari beberapa langkah sederhana yang tidak memerlukan banyak biaya. Berikut adalah tips selengkapnya.

Buka jendela setiap pagi

Sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan alami akan membuat kondisi rumah menjadi lebih segar. Maka dari itu bukalah jendela rumah setiap pagi dan tutup kembali ketika sore atau saat Anda hendak bepergian.

Pisahkan sampah kering dan basah

Membuang sampah harus pada tempatnya. Akan tetapi biasanya kita membuang semua jenis sampah pada satu tong sampah yang sama. Usahakan untuk memisahkan sampah kering dan basah untuk mencegah bau tak sedap dan munculnya serangga-serangga yang hinggap di tempat sampah.

Bersihkan kamar mandi

Karena kamar mandi sering dipakai, usahakan untuk membersihkannya secara rutin setiap satu minggu sekali. Kuras bak dan sikat lantai kamar mandi serta toilet. Pakailah cairan pembersih pada semua tempat yang disentuh, mulai dari wastafel, toilet, tombol lampu hingga sudut-sudut di sekitar saluran pembuangan.

Bersihkan rumah secara teratur

Jangan lupa untuk menyapu, mengepel dan membersihkan perabotan dari debu secara rutin. Lakukan setiap hari sehingga rumah menjadi lebih nyaman dan bersih.

Cuci dan bersihkan kulkas

Perabotan yang satu ini kerap terabaikan kondisinya. Padahal kulkas menyimpan berbagai macam sayuran, buah bahkan hingga makanan. Jika tidak dibersihkan, kuman bisa muncul di dalam kulkas. Maka dari itu biasakan membersihkan kulkas, khususnya pada bagian yang sering tersentuh tangan seperti pintu. Selain itu jangan lupa mencuci tangan sebelum makan.

Itulah tips membuat rumah sehat. Jika kondisi rumah selalu terawat, penghuni pun menjadi lebih nyaman dan terhindar dari segala penyakit. Memang perlu usaha untuk membiasakannya, akan tetapi jika sering dilakukan lama-kelamaan Anda akan terbiasa.

READ  Inspirasi Desain Atap Rumah yang Elegan dan Kekinian

Sekian yang bisa kami sampaikan. Semoga tips menciptakan rumah yang sehat di atas bisa bermanfaat untuk Anda dan keluarga tercinta.