Jangan Salah pilih Cat

Cat sebagai unsur penting dalam bikin cantik penampakan rumah, terlebih pada waktu hari raya Lebaran. Tidak cuman mempercantik penampakan, cat pula punyai kegunaan buat perlindungan tembok.

Di lain bidang, cat sebagai bahan padat yang dicairkan dengan gabungan bahan kimia khusus yang bisa mempengaruhi kesehatan.

Supaya rumah tampil cantik serta penghuni sehat, ada empat soal yang penting diawasi dalam menentukan cat:

1. Ramah Lingkungan serta Aman
Kesehatan penghuni merupakan soal yang pokok. Oleh karena itu, putuskan cat tembok yang ramah lingkungan. Cat yang aman untuk kesehatan tidak punya kandungan bahan kimia timah hitam (Pb) serta merkuri (Hg).

Tidak hanya itu, pilih pula cat yang punya label free lead, low volatile organic compound (VOC). Cat yang ramah lingkungan pun tidak keluarkan berbau yang menyerang hidung.

Baca Juga : cat tembok

2. Bedakan Exterior serta Interior
Putuskan cat sama dengan area pengaplikasian. Untuk pengecatan area luar, pilih cat yang tahan pada paparan cahaya matahari, hujan, serta pergantian temperatur. Maksudnya supaya cat tidak alami kerusakan seperti susunan retak-retak serta warnanya gak simpel sirna. Beberapa produsen menyebutkan cat exterior dengan nama weatherproof, weathershiled, weathercoat, serta easyshield.

Untuk cat interior, sejumlah persyaratan yang penting Anda simak merupakan keringanan perawatan serta warna yang bertahan lama. Karena itu, pengecatan lagi tiap-tiap tahun lantas dapat diminimalisir.

3. Susunan Antijamur
Kalau rumah Anda kerap terserang banjir, pilih cat yang memiliki kandungan susunan antijamur—baik dinding exterior atau interior. Situasi pascahujan yang lembap membuat jamur dapat bertumbuh biak dalam waktu cepat, antara lainnya pada dinding rumah. Kalau gak dikerjakan dalam waktu cepat, jamur dapat keluarkan spora yang dapat menghancurkan susunan cat tembok.

4. Simpel Dibikin bersih
Cat yang tahan vlek serta simpel dibikin bersih pula pilihan pas untuk tembok rumah. Cat ini sebagai bentuk investasi, sebab Anda gak butuh kerap mengecat lagi dikarenakan vlek coretan anak atau tanah.

Kalau mengidamkan hasil 1/2 mengilap, tahan gores serta tahan gosokkan, Anda dapat menentukan cat style vynil silk atau pearl go. Cat style ini sangat simpel dibikin bersih pas diperlukan pada dapur, garasi, kamar mandi, atau beberapa tempat lain yang riskan kotor. Tapi ingat, vlek yang dapat di membersihkan miliki sifat waterbase.

READ  Tips Memilih Model Jendela Teralis Minimalis yang Tepat untuk Rumah Anda