Tips Desain Untuk Rumah Sempit

Punya rumah yang selalu sedap dipandang mata merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pemilik rumah. Maka dari itu kita perlu menjaga kondisi dalam rumah agar senantiasa bersih dan tertata rapi. Akan tetapi pada kenyataannya hal tersebut tidak selamanya mudah.

Kesibukan di hari kerja membuat sebagian pemilik rumah tidak memiliki cukup banyak waktu dalam menata rumah. Terlebih saat pulang kerja hawa malas hinggap sehingga cenderung meletakkan barang seenaknya sendiri. Alhasil rumah tak tertata, pikiran kita saat pulang kerja pun justru tidak tenang.

Belum lagi jika rumah kita berukuran mungil sehingga kesulitan untuk menyimpan barang. Meski begitu tidak perlu cemas, ada trik yang bisa Anda coba agar interior rumah sempit bisa lebih menarik untuk dilihat. Berikut adalah tips selengkapnya.

Manfaatkan setiap sudut

Sekecil apapun ruang yang tersisa dalam rumah rasanya rugi bila tidak dimanfaatkan. Untuk itu kita harus pintar-pintar memanfaatkan setiap sudut di interior rumah kita. Baik area kolong, di atas, balik furnitur dan lain sebagainya.
Sisa ruang yang ada bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Termasuk benda yang jarang kita gunakan.

Tempat bertingkat

Memanfaatkan area vertikal dalam interior rumah bisa Anda coba. Caranya dengan membuatnya sedemikian rupa sehingga seolah-olah seperti bertingkat. Selain itu Anda juga bisa merenovasi rumah sehingga bidang plafon lebih tinggi sehingga ruang di dalamnya pun ikut tinggi.

Cermin dan warna

Warna yang cerah merupakan salah satu trik agar interior rumah sempit terlihat luas. Selain itu juga manfaatkan cermin supaya memberikan kesan ruangan di dalam rumah lebih lega. Kedua hal ini jika dilakukan dengan benar akan membuat interior rumah terasa lebih luas.

Pilih furnitur yang tepat

Ketika membeli furnitur, pilihlah furnitur yang berdimensi kecil dengan bentuk yang simpel. Atau bahkan dengan metode lipat. Contohnya meja makan yang terbuat dari sebuah papan yang dikaitkan pada salah satu sisi dinding.

Material senada

Tips terakhir adalah memilih material yang senada. Pilihlah material yang senada dengan interior rumah. Dengan begitu ruangan terasa lebih lega. Lain halnya bila terlalu banyak motif dan jenis bahan yang dimanfaatkan. Hal tersebut justru membuat interior terkesan terlalu ramai dan membuatnya seolah-olah lebih sempit dari yang sebenarnya.

READ  Diklaim Anti-Karat, Ini Cat Nippon Paint

Itulah beberapa tips menata interior rumah sempit yang bisa Anda coba. Semoga dengan tips ini Anda bisa menciptakan interior yang nyaman.