Warga Kecewa! Semen Merah Putih Dinilai Merusak Sumber Mata Air Warga

Beberapa puluh masyarakat yang terhimpun dalam Jaringan Warga Perduli Bayah (JMPB) lakukan pekerjaan penanaman kembali lagi pohon di Hulu Sungai Cipicung Desa Darmasari Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Propinsi Banten. Pekerjaan penanaman kembali lagi pohon untuk usaha pemulihan serta normalisasi Sumber Mata air Cipicung oleh Masyarakat Cipicung, Barisan Pemuda, Warga Tradisi serta Aparat Desa. Minggu (17/3/2019).

Aktivis (JMPB) Henriana Hatra mengutarakan pada mass media, situasi seputar hulu sungai itu benar-benar bersisihan, cuma memiliki jarak 25 mtr. dengan tiang pancang conveyor perusahaan produsen pabrik semen merah putih PT Cemindo Cemerlang.

“Ini membuat hilangnya wilayah tangkapan air disekitar hulu. Mengakibatkan, suplai air bersih untuk seputar 600 KK, yaitu masyarakat Cipicung, Kampung Sawah jadi terusik,” papar Henriana.

Simak Juga : semen merah putih

Menurut dia, waktu musim kemarau datang, debet air benar-benar minim serta hampir kering, serta dimusim penghujan sebab tidak lagi ada beberapa pohon yang berperan untuk Water Catchment, material lumpur menerjang teritori pemukiman dibawahnya.

Menurut Henri, mengacu pada ketetapan Presiden Republik Indonesia nomor 32 Tahun 1990 mengenai Pengendalian Teritori Lindung, Klausal 11 jika “Perlindungan pada teritori serapan air dilaksanakan untuk memberi ruangan yang cukup buat peresapan air hujan pada wilayah spesifik untuk kepentingan penyediaan keperluan air tanah serta pengendalian banjir, bagus untuk teritori bawahannya atau teritori yang berkaitan” serta Klausal 20 “Persyaratan teritori seputar mata air ialah sekurangnya dengan jari-jari 200 mtr. di seputar mata air”.

JMPB mencela kesewenang-wenangan perusahaan atas pengabaian lingkungan untuk sumber penghidupan warga yang menyebabkan tidak setimbangnya ekosistem lingkungan Sumber Mata Air.

“PT Cemindo, harusnya sensitif dengan jaga tutupan rimba di seputar hulu sungai,” tutur Henri.

READ  Tak Perlu Khawatir, Harga Cat Tembok Ukuran 5 Kg Terjangkau Loh